jobs indonesia site

Top Blog

TopOfBlogs

Senin, 21 Juni 2010

Temukan Karir Impian Anda di Job Fair


Salah satu akses besar yang memberikan informasi peluang kerja pada pencari kerja, baik yang berasal dari kalangan professional maupun mahasiswa atau fresh graduate adalah bursa lowongan kerja atau job fair. Inilah event yang menghadirkan banyak perusahaan yang sedang merekrut karyawan pada satu tempat, disaat yang bersamaan.

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menyadari bahwa bursa kerja adalah cara ampuh untuk merekrut banyak karyawan dalam waktu yang relatif singkat. Umumnya mereka memanfaatkan bursa kerja untuk merekrut dan melakukan seleksi awal karyawan untuk entry dan middle level. Bagi mereka, bursa kerja menghemat waktu, tenaga dan dana untuk merekrut sekaligus melakukan screening awal terhadap kandidat.

Di event ini mereka bahkan bisa melakukan interview awal. Proses rekrutmen berjalan dengan cepat dan efisien di bursa kerja karena job seeker yang datang telah ter-filter sesuai dengan jenis bursa kerja itu sendiri. Bursa kerja juga seringkali jadi event untuk melakukan branding bagi perusahaan yang memiliki target pasar sesuai dengan pengunjung job fair.

Di Indonesia, bursa lowongan kerja cukup sering diadakan oleh perusahaan yang memang bergelut di bidang dunia kerja, institusi pemerintahan, beberapa universitas swasta dan negeri terkemuka bahkan perusahaan besar nasional yang menyelenggarakannya khusus untuk kebutuhan internal mereka.

Job fair adalah kesempatan yang sayang dilewatkan jika Anda memang sedang berburu kerja. Selain untuk mendapatkan informasi pekerjaan, event ini bisa Anda manfaatkan untuk memperluas network dan mendapatkan informasi mengenai perkembangan di bidang Anda. Agar kunjungan Anda efektif dan efisien ada beberapa hal yang patut diperhatikan.

1. Job fair bukanlah tempat untuk 'window shopping' lowongan kerja. Jika Anda hanya berniat untuk jalan-jalan dan melihat-lihat dengan pikiran bahwa siapa tahu ada pekerjaan yang cocok, maka percayalah bahwa Anda hanya menghabiskan waktu dan membuang tenaga saja. Job fair di Indonesia bisa dipastikan akan selalu dipenuhi dengan pengunjung. Terlebih lagi saat ini ketika keadaan ekonomi global maupun nasional tidak terlalu menguntungkan dan banyak perusahaan harus 'merumahkan' karyawan mereka. Datanglah ke ajang ini dengan niat dan persiapan serius untuk mencari kerja.

2. Ketahuilah jenis tiap job fair. Terkadang event ini khusus diselenggarakan untuk mengakomodasi kebutuhan akan tenaga kerja pada bidang tertentu. Beberapa universitas sering menyelenggarakan bursa kerja khusus untuk bidang teknologi informatika, ada pula job fair yang khusus untuk para pencari kerja bidang marketing. Tidak jarang pula sebuah perusahaan khusus menyelenggarakan bursa kerja untuk memenuhi kebutuhan rekrutmen mereka sendiri. Karena itulah pentingnya mengetahui informasi jelas mengenai jenis bursa kerja yang akan Anda kunjungi untuk memastikan apakah Anda target yang tepat dari bursa kerja tersebut.

3. Cari informasi sebesar-besarnya mengenai job fair tersebut Selain jenis, tempat, waktu, biaya pendaftaran, Anda juga sebaiknya mengetahui denah bursa kerja, letak booth perusahaan-perusahaan incaran Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu berkeliling membuat waktu saat mencoba melamar di perusahaan incaran Anda.

4. Update CV Anda dan buatlah cover letter general. Sebelum Anda mengunjungi job fair, sempatkan untuk mengupdate CV Anda. Print beberapa CV dan cover letter di kertas yang representatif dan bawalah dengan map plastic keras agar tidak 'lecek'. Jika job fair yang akan dikunjungi memakai metode paperless, maka Anda hanya perlu menyiapkan soft copy CV dan surat lamaran Anda. JobsDB.com biasanya menyelenggarakan job fair dengan metode ini. Simpan dalam flash disk dan pastikan ukurannya tidak melebihi ketentuan yang berlaku. Pastikan juga bahwa flash disk Anda bebas virus karena walaupun biasanya ada help desk yang bersedia membantu membersihkan file Anda, namun hal ini akan menghabiskan banyak waktu Anda. Selain bisa mengunggah CV on the spot, pengunjung juga sangat disarankan untuk terlebih dulu register dan mendaftarkan/upload CV mereka di website job fair. Hal ini akan menghemat banyak waktu dan Anda akan terhindar dari antrian yang mengular.

5. Penampilan adalah salah satu hal penting dalam melamar kerja di bursa kerja. Kesan pertama yang Anda berikan mau tidak mau akan tercipta oleh penampilan Anda. Anda tidak perlu memakai blazer/jas lengkap dan bersepatu tinggi (jika Anda wanita). Kenakan pakaian rapi dan formal seperti celana bahan, kemeja rapi dan sepatu tertutup. Untuk sementara, tanggalkan tindikan di bibir, alis, lidah atau tempat-tempat yang tidak lazim lainnya.

6. Siapkan diri jika Anda ternyata harus langsung menghadapi wawancara. Jangan panik jika Anda diminta untuk langsung wawancara, justru ini menunjukkan bahwa perusahaan tertarik dengan kualifikasi Anda. Buat list jawaban dari pertanyaan berikut ini :

1.Ceritakan tentang diri Anda.
2.Apa yang membuat Anda merasa cocok untuk pekerjaan ini.
3.Apa kelebihan dan kekurangan Anda.
4.Bagaimana Anda melihat diri Anda lima tahun mendatang.
5. Siapkan fisik Anda Istirahat dengan cukup dan jangan lupa makan sebelum Anda mengunjungi job fair. Gula darah yang rendah akan membuat Anda kehilangan konsentrasi sehingga akan menyulitkan Anda nantinya saat menjawab pertanyaan dari interviewer.


careers, Jobs Indonesia, Indonesia Vacancy




Bookmark and Share




Tidak ada komentar:

Posting Komentar